Thursday, February 8, 2007

Duh si cute ni bikin asma aja deh>.<..

Lucu ya..boneka di sebelah kanan tuh^^..


Ni boneka namanya Dhermatophagoides pteronyssinus yg nama bekennya tungau debu.. hu'uh.. ini nih yg biasanya nemenin kamu bo2 di tempattidur empuk mu.. cute y^^..


Kapan ari waktu semester pendek aku nemenin temen aku bikin makalah tentang si cute ini..di diktat ni bahasan dikiiiiiiit bgt, ya udah akhirnya aku browsing dan nemuin lebih banyak tentang si cute ini.. cari.. cari.. cari.. nemu.. nemu.. nemu..


Hmm.. ak hobi banget ngerjain tugas yang beginian.. seru hunting bahannya.. and well.. sekarang (atas usulan seseorang yang selalu sangat membantu^^) ak jadi iseng pengen nulis2 dikit tentang si cute ini..

Si cute ni.. keciiiiiiiilllll bgt.. hidupnya paling seneng y di kasur.. tapi dia betah juga kalo tinggal di karpet, hiasan rumah..yah pokoknya tempat2 yang b'debu gitu de.. dia tu makannya gampang sich ya^^(bukan berarti temasuk binatang peliharaan^^), daki, sisa makanan, ya hal-hal yang bisa di makan oleh dia lah (huyuh.. g niat njelasin <--- maklum lom pernah jd tungau^^ <-- amit-amit klo jadi tungau mah^^)..

Si cute ni yang nyeremin dia tu bisa bikin orang asma (Weqzzzzzz >.< ) alergenik (nyebabin alergi) untuk sebagian orang yang peka..

Yang nyebabin asma tadi?hmm.. dari sekujur tubuh si cute ini sampe ke kotorannya bisa bikin orang asma (hiiiiiii ceyem>.<), hal ini karena si cute ni punya antigen alergenik yang dihasilkan dari makanan yang di olah di usunya sendiri (bayangin aja, si cute tuh kecil bgt ber mikro mikro meter.. trus bayangin ususnya seberapa.. xixiix.. nganggur bgt deh bayanginnya^^).. Asma sendiri dah jadi masalah manusia yang cukup merepotkan (alhamdulillah aku bukan termasuk asma-ers^^).. di Indonesia sendiri (menurut sumber yang dapat di percaya) 90% penderita asma rentan terhadap debu rumah dan si cute ini sendiri..

Yang pasti sih untuk mencegah atau meminimalisir antara lain (seperti yang dokter-dokter dan guru-guru bilang) pastinya adalah
menjaga kebersihan^^.. Dalam hal asma ini si tentunya adalah dengan bersihin debu2 yg ada di sekitar.. buat bersihin kasur yaaaa.. bisa di jemur di bawah sinar matahari.. (Oia si cute ni g tahan kok ma suhu yang di atas 32 derajat Celcius dan suhu di bawah 24 derajat Celcius..) kalo ga, bisa kok si yang sakit asma karena alergi tungau di bawa ke daerah tinggi, soalnya, lagi-lagi menurut penelitian dan sumber yang bisa di percaya, si cute ni jumlahnya dikit banget di daerah dataran tinggi..


Hmm.. cute cute.. tampang mu sebenernya nyeremin juga ye (oia buat yg mau liat si cute aslinya bisa search images di google ato yahoo.. mo ngeliatin disini g tega ngerusak image cute yang dah susah payah dengan banting tulang memeras keringat (huyuh) ak bangun.. xixiix).. ga tau deh harus bilang cute lagi pa ga kalo dah liat aslina^^..xixixix

Makasi buat Google ma Yahoo yang dah bantu ak cari bahan, ma pakD Ronny obelix tercinta ku yang inspiratif, dan buat Yudi the humanheal versi dirinya sendiri (maap ak lom ngakuin kamu klo kamu lom jadi dokter beneran^^), temen kuliah ku tercinta ku yang dah bikin aku pusing2 nyari bahan buat makalah, thanks ya bro.. berkat kamu, aku jadi lebih ngerti parasitologi ma berkat kamu, aku jadi di puji-puji ma dr.Kartika (makasi juga ya dok dah ngelulusin parasitologi saya^^).. xixixiix..

No comments: